Sukses Bahagia

Seringkali parameter yang digunakan oleh kita untuk sukses adalah banyak harta. Tentu ini tidak salah, karena dengan memiliki banyak harta kita bisa melakukan banyak hal, kita bisa menjadi manusia yang merdeka.

Tetapi jika kita hanya fokus pada faktor eksternal seperti ini, resikonya sangatlah besar. Karena kita akan tiba di suatu tempat yang akhirnya menjadikan kita tidak bahagia dan juga tidak sukses.

Kenapa bisa demikian? Ini terkait erat fengan pergeseran industri dan sifat dasar kita sebagai manusia.

Secara umum pekerjaan dibagi menjadi dua, pekerjaan yang bersifat algoritmik dan pekerjaan yang bersifat kreatif.

Pekerjaan yang bersifat algoritmik adalah pekerjaan yang rutin dan dapat di prediksi, saat ini mendapatkan ancaman yang sangat besar dari komputer, karena pekerjaan tersebut bisa diselesaikan komputer dengan sangat cepat dan murah.

Pekerjaan yang saat ini masih sulit digantikan oleh komputer adalah pekerjaan-pekerjaan yang bersifat kreatif.  Pekerjaan yang bersifat baru yang belum pernah ada sebelumnya, atau pekerjaan yang bersifat troubleshooting secara kreatif.  Pekerjaan inilah yang ke depannya akan semakin dihargai, yang artinya semakin banyak penghasilan yang bisa anda peroleh melalui aktivitas yang kreatif.

Ketika kita terpaku terhadap sukses materi, otak kreativitas kita akan tercekik, karena kita hanya terpaku pada tujuan, reward yang bersifat eksternal. Akhirnya kita fokus ke tempat yang salah.

Pekerjaan kreatif membutuhkan banyak sekali energi, percobaan, kegagalan, pengulangan, perhatian pada detil dan banyak hal-hal yang sifatnya tidak instant. Seringkali momen paling penting adalah kegagalan, tetapi tidak ada orang yang mau membayar kegagalan kita. Yang ada kita dimarahin, sehingga semakin menghabiskan energi kita.

Sehingga kita perlu pendorong dari internal kita, dimana adanya keyakinan, fun, dimana kita bisa menghargai setiap moment yang ada, kita bisa melangkah ke tempat-tempat yang belum pernah terpetakan sebelumnya, sehingga lebih besar kemungkinan kita menghasilkan ide-ide yang baru dan segar.

Bahaya selanjutnya ketika kita hanya terpaku pada reward external, kita akan terpacu untuk mengejar mimpi orang lain, akhirnya jika kita sampai pada suatu posisi, ini bukanlah posisi yang kita inginkan.

Dari sini kita akan belajar, bahwa dengan menggelorakan api semangat dalam diri kita, akhirnya kita akan mencapai tempat yang kita inginkan dengan sukses yang lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: