Biarkan Lingkungan Membantu Kita Melakukan Hal Besar

Image

Sebagai manusia, kita memang ditakdirkan sebagai makhluk yang lemah. Dari segi kekuatan, kita kalah dengan hewan seperti macan, orang-utan, kucing hutan atau gajah ataupun dengan kekuatan mesin. Dari segi kemampuan meproses data kita juga sangat tertinggal dibandingkan dengan komputer.

Tetapi kita adalah makhluk yang sangat kreatif, kita dapat meng-exploitasi lingkungan di sekitar kita. Misalnya, walaupun rahang kita lemah, manusia mampu memanfaatkan api untuk memasak daging, sehingga makanan lebih mudah dikunyah ataupun dicerna. Manusia jaman dahulu pun mulai menggunakan alat dan senjata untuk bercocok tanam ataupun berburu. Mereka juga memanfaatkan aliran air untuk membuat irigasi, bahkan membuat bidang miring yang cukup panjang untuk menyusun batu-batu raksasa untuk membuat pyramid raksasa di mesir.

Selain itu manusia juga mulai bekerja-sama dengan manusia lainnya, melalui perdagangan, sistem politik, perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan bersama yang jauh lebih besar dibandingkan kemampuan individual dalam mencapainya, sehingga kita melihat bangunan yang megah, kapal raksasa, disain mobil yang luar biasa, atau Negara yang mampu bertahan dari serangan dari dalam maupun luar.

Hal-hal ini tidak mungkin dicapai manusia jika ia tidak memanfaatkan lingkungannya dalam membantunya, ia menjadikan sumberdaya di sekitarnya baik finansial, pengetahuan, manusia lainnya, sumber energy, dll sebagai sumber kekuatan.

Tetapi alih-alih memanfaatkan lingkungan kita sebagai kawan, kita sering memilih menjadikan lingkungan ini lawan kita. Ini gila, karena menyadari bahwa kita makhluk lemah, kita pasti akan kalah. Kita harus mencari sisi positif dari lingkungan kita dan memanfaatkan. Jangan kita mengatakan bahwa lingkungan harus bertingkah mengikuti kita , seperti berharap matahari terbit dari barat, ini tidak mungkin.  

Sun Tzu menunjukkan dengan kalimat yang indah. Jika batu itu persegi, jadikanlah benteng, jika batu itu bulat gelindingkanlah untuk menyerang musuh.

Misalkan kita melihat bahwa:

  • Orang-orang di sekitar kita tidak peduli, mungkin kita belum menyentuh kepentingan mereka.
  • Orang lain tidak mampu, mungkin kita belum melatih mereka
  • Orang lain tidak telaten, mungkin mereka orang yang kreatif, atau sebaliknya
  • Modal Finansial kurang, mungkin kita memulai dengan terlalu besar
  • Project terlalu lama selesai, mungkin cakupannya terlalu besar atau tidak jelas

Saya mengamati bahwa untuk setiap kekurangan selalu ada kelebihan, hanya saja kita terpaku pada kekurangan tersebut, sehingga menjadikan kita frustasi. Yang akhirnya menyebabkan kita merasa menjadi korban, karena sudah memberikan seluruh daya upaya tetapi tetap lingkungan kita tidak bergeming.

 Terkadang kita juga memberikan ujian terhadap tekad kita, dengan godaan yang terlalu besar, yang sangat sulit kita menangkan misalnya:

  • Rencana berhemat tetapi sering pergi ke mall, atau melihat baju atau gadget yang menarik hati
  • Diet tetapi berjalan-jalan di sekitar food-court ataupun restoran yang menyebarkan aroma yang luar biasa, saat perut kita keroncongan.
  • Ingin berhenti merokok tetapi terus bergaul dengan perokok.

Karena kekuatan lingkungan ini luar biasa besar, jika kita tidak memanfaatkannya, bisa dipastikan kita yang terlibas. Ini seperti hendak berenang melawan arus sungai, tetapi jika bisa memanfaatkannya, kita bisa menggunakan sampan, sehingga kita bisa memanfaatkan energy dari arus sungai ini.

 Saya berharap kita bisa mengambil keuntungan dari kondisi lingkungan kita, menghindari hal-hal yang tidak bisa kita menangkan, atau mengubah dari posisi merugikan menjadi keuntungan.

Advertisements

One thought on “Biarkan Lingkungan Membantu Kita Melakukan Hal Besar

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: