Melebihi Ekspektasi dan Lainnya Mengikuti

amazed

Google, siapa sih yang tidak tahu? Perusahaan yang terutama hidup dari layanan iklan, layanan Adsense  nya saja menghasilkan Rp 97 T/tahun (ini banyak lho) belum dari yang lain :).

Meskipun Google ini hidupnya dari iklan, Google ini sangat serius dalam melayani kebutuhan kita dalam proses searching internet, mereka mengembangkan algoritma yang berusaha mencari relevansi tertinggi dari kebutuhan kita. Mereka memastikan hasil searching kita ini tidak dipengaruhi oleh pembayar iklan, sepenuhnya berdasarkan kepentingan kita. Padahal saya tidak pernah membayar Google (qiqiqiq).

Di website-nya Google meyakini bahwa jika mereka bahwa melayani kebutuhan kita dengan sebaik-baiknya, yang lainnya mengikuti. Dan saya merasakan bahwa Google iklannya manusiawi, tidak seperti det*k.com, komp*s.com, yaho*.com. Tetapi terbukti Google revenue nya dahsyat.

Saya mulai berpikir, jika perusahaan yang paling menguntungkan di Bumi saja berhasil dengan cara ini mengapa tidak dengan kita. Tampaknya kita harus mulai melayani orang-orang di sekitar kita dengan sebaik-baiknya, jangan terlalu terpaku untungnya buat saya apa. Kalau Google berpikiran seperti ini, memberikan rangking yang tinggi terhadap pembayar tertinggi, mungkin dia tidak akan hebat seperti sekarang.

Anak, istri, asisten rumah tangga, tukang, satpam, rekan kerja, atasan, office boy dan pembaca blog ini :). Mereka memiliki peran yang sangat penting dalam hidup saya, sehingga saya harus melayani mereka melebihi ekspektasi, dan segala hal baik, saya yakin akan mengikuti.  Kita harus memastikan kita memberi mereka pelayanan lebih baik dari orang lain dengan berbagai cara.

Cara-cara melebihi ekspektasi saya pikir bisa bermacam-macam, dengan mengucapkan salam saat bertemu, membantu mereka saat kesulitan, memberikan renumerasi yang baik, memberi saran yang membangun, membagikan pengetahuan yang kita miliki, men-traktir makan, memberikan pujian, dll. Tentu berbeda-beda untuk tiap orang.

Tentu banyak hal yang tidak bisa saya lakukan, misalnya suruh nge-cat tembok, memasak, bermain musik, dll. Tetapi ada hal-hal yang saya sukai, saya suka membaca buku, suka berdiskusi dan suka menulis.Dengan membagikan hal-hal yang menjadi kesenangan saya, usaha yang saya lakukan sangat minim, dengan hasil yang berlipat-lipat. Tanpa mendapatkan imbalan pun, dengan senang hati saya melakukannya. Tetapi anehnya imbalannya selalu datang, dalam berbagai bentuk, ini agak mistik, tapi it’s real :).

Maka saya ingin memberikan anda semangat untuk membagikan hal-hal dimana anda hebat, sehingga melebihi ekspektasi orang-orang di sekitar kita. Jika anda pemain bola hebat, bermain bola lah dengan hebat, jika anda pemusik, bermain musiklah dengan hebat, jika anda programmer, buatlah program yang hebat. Saya yakin hal-hal yang baik akan mengikuti. Sebisa mungkin, jangan menahan hal-hal terbaik yang bisa anda lakukan, jika anda tidak percaya, coba anda ingat Google :).

One thought on “Melebihi Ekspektasi dan Lainnya Mengikuti

Add yours

  1. “imbalannya selalu datang, dalam berbagai bentuk, ini agak mistik, tapi it’s real :).”

    Siiiiip mantab pak bob

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑